Tuesday, January 16, 2007

Tentang Pembelajaran Bisnis


Bisnis bisa jadi merupakan gabungan ilmu dan seni yang sangat kompleks...metode untuk mengajarkannya-pun terus dikembangkan dari waktu kewaktu, memang selama ini pendekatan studi kasus sering dipakai disekolah bisnis. Tapi ini juga banyak dapat kritikan keras (salah satunya ada yang bilang belajar kasus bisa terlalu abstrak dan menjauhkan kita dari realitas). Aku pribadi ga setuju dengan kritik itu. Memang kita ga bisa menerapkan solusi satu kasus untuk kasus yang lain, karena setiap kasus punya variabel komplek yang berbeda, bisa jadi sangat ruwet. Makanya studi kasus mengajarkan kita pendekatan yang terstruktur untuk mengurainya, dengan kata lain mengasah analogical reasoning kita dalam mengambil keputusan bisnis.

Nah yang jadi masalah, masih banyak juga lho dosen yang terlalu asyik dimenara gadingnya masing2, menganggap ilmu dibidangnya paling penting...jadi jangan salahkan juga kalau kemudian pemikiran mahasiswanya jadi terkotak-kotak..contoh ada temen mahasiswa yang maunya belajar marketiiing aja, trus gatel2 liat angka2 finance.. ato sebaliknya anak finance bilang kalau marketing itu aktivitas abstrak yang bisanya cuma morotin kas perusahaan. Sebenernya justru pemikiran terkotak-kotak ini yang membuat output sekolah bisnis sering jadi out of context, ga nyambung sama realita..

Bagimanapun realita bisnis itu merupakan dinamika jalinan sistem komplek.....jadi nggak mungkin bisa dibedah cuma pake satu perspektif or beberapa tools generic saja (jadi inget if you only learn to use a hammer, you may treated everything like a nail).

Rasa-rasanya metode integratif learning dengan melibatkan multi disiplin perlu dilakukan, disamping melibatkan dosen berbagai jurusan, juga praktisi lintas profesi..(kenapa nggak kita belajar market customization dari seorang penjahit?)..Atau paling nggak dengan membuat kurikulum atau aktivitas terintegrasi..biar kegiatan seperi diskusi jurnal, kasus, kuliah umum praktisi, kunjungan industri, simulasi bisnis, outbound nggak jalan sendiri2 dan banyak yang ga nyangkut karena datang dan pergi begitu aja....

1 comment:

tuhu said...

woww great idea...