Tuesday, January 16, 2007

Benang Kusut Transportasi Jakarta


Ada seorang teman bikers mencak2 dengan adanya kebijakan pemerintah yg melarang motor lewat jalan2 protokol jakarta...sementara teman yang lain justru menyalahkan pengendara motor yang selama ini dianggapnya ugal2an dan bikin makin semrawut Jakarta. Lalu terlibatlah mereka dalam debat kusir yang mestinya tidak perlu.

Motor yang ugal2an atau jumlah mobil yang makin tidak terkendali sebenernya cuma excess dari tidak matangnya kebijakan perencanaan transportasi public..karena ga ada mass rapid transportation.. jadinya masyarakat ya berinisiatif sendiri2 cari solusi buat berpergian..ada yang milih pake motor..beli mobil..atau naik bajaj. Rasa2nya kebijakan mutakhir pemerintah ttg sepedamotor, rencana penghapusan 3in1 dan pemberlakuan ERP cuma kebijakan responsif, tambal sulam, gali tutup lubang...ibarat rumah, kehujanan, gentengnya pada bocor malah sibuk ngepel sana-sini.

Jadi malu ma inggris yang sudah mulai mbangun underground tunnel tahun 1860..padahal waktu itu cuma ada kereta kuda..potensi problematika city traffic sudah mulai dipikirkan jauuuh sebelum ditemukan mobil...
Baru sekarang aja tuh sutiyoso teriak2 monorail..cuma dah telat bang...jerman udah punya monorail sejak tahun 1901..coba deh bayangkan efektifnya MRT di singapore..katanya hampir 50rb passenger setiap hari...n emang kuenceng dan efisien banget..bisa jadi dari senayan city ke plaza semanggi bisa dicapai dalam satu tarikan nafas aja...Hemmm Ga kayak sekarang, umur dan produktivitas rasanya ikut menguap bersama deru knalpot dijalan

Kritik juga nih buat sebagian oknum pemilik mobil dijakarta,ga bisa dipungkiri masih banyak orang yang pake mobil lebih ke alasan emosional (baca:gengsi)...susah juga, di Indonesia itu kan berlaku:witing tresno jalaran seko cacahing rodo..katanya sekarang punya motor aja ga cukup buat ngeggaet cewek..rasanya keren kalo udah pake mobil..apalagi pake truk gandeng yang rodanya 16..makanya heran juga ma perilaku orang2 kaya Jakarta itu.. sukanya beli mobil/motor yang ukuran segedhe goblok...makin sebel kalau udah liat jaguar or alphard petantang-petenteng makan jalan,padahal didalamnya cuma 1 orang (entah pemilik atau peminjam)...

kenapa sih smart car ga segera masuk indonesia..orang eropa malah bangga lho bisa naik mobil yang ukurannya kecil..disamping lebih irit..juga praktis (ini lebih rasional).atau gimana kalo jaguar bikin mobil 3 wheeler versi bajaj..kira2 laku ga ya?..hmm.

Kemarin baca dikompas..katanya presiden Swiss setiap hari kalo kekantor naik transportasi publik..egaliter banget...beda banget ya ma pejabat kita.yang maunya dikawal iring2an voreijder sampai nutup jalan dan bikin kemacetan berkilo2...hmmm sudahlah mungkin ada baiknya pejabat yg kayak gitu kita lemparin aja pakai bajaj...

2 comments:

tasniemrais said...

hey mas setuju. di jepang, mobil2 buatan jepang super kecil dan biasa memang sich muat 5-6 orang. tapi kecil. 2 di depan, 3 orang biasa di belakang. mobil alphard di jepang malah enggak lahir. cuman mobil2 smart doang yang super kecil.....tapi apa karna orang jepang mungil2 juga ya. serba miniatur gitu. tapi memang jakarta transportasi nya memalukan. stress enggak sich tinggal di jakarta tiap hari harus menghabiskan waktu 'swearing' karna macet di jalan?

Hendy said...

Wah... setuju banget mas Rangga...!

Duh, andaikan semua orang Indonesia mempunyai pikiran yang cemerlang seperti mas Rangga :-) Insya Allah negara kita bisa lebih maju dari negara2 "3.5G" ;-) yah minimal setara lah...