Hari ini ada yang nanya,..”mas, bisa sharing ga kira2 konsep bisnis apa yang sedang populer saat ini”...well agak bingung juga ya jawabnya, karena Ilmu dan konsep manajemen itukan berkembang sangat dinamis n cepat sekali. Mungkin boleh dibilang hampir tiap bulan muncul konsep-konsep baru (although sometimes we find it difficult to differentiate those are same wines in different bottle or truly different wines in almost similar bottle)—yup kadang kadang konsep2 itu isinya sama cuma dikemas secara berbeda.
Tiap sekolah bisnis boleh jadi punya metode pengembangan dan strength point concept sendiri2. Terbitan buku2 populer saat ini juga kadang bisa jadi acuan. Cuma biasanya HBR (Harvard Business Review) terbitan Harvard Business School biasanya sering dipakai orang sebagai barometer konsep2 bisnis paling mutakhir. Banyak konsep2 best seller seperti: Blue Ocean Strategy (Kim&Mauborgne), Balance Score Card (Kaplan&Norton), Strategic Vision -Built to Last (Collins&Porras), Competitive Advantage (Porter), Core Competence (Hamel&Prahalad), hingga Marketing Myopia (Levit, booming tahun 60an)— yang lahir dari perut HBR dan telah diuji dulu oleh penulis bersangkutan dijurnal HBR beberapa tahun sebelum versi bukunya diluncurkan. Jadi kalau mau meneropong konsep2 bisnis masa depan bisa mulai di skim dari terbitan HBR edisi terbaru...
Melihat begitu berpengaruhnya orang2 itu dalam membentuk konsep manajemen saat ini, tiba-tiba muncul obsesi kecil untuk bisa nembus jurnal bergengsi itu suatu saat nanti…hmm udah ah..orang nulis blog ini aja malesnya minta ampun
Tuesday, January 16, 2007
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment